Mengenal Keyword Density

By | April 24, 2020

Keyword Density atau Kepadatan Kata Kunci biasa dikenal oleh para praktisi SEO. Nah kali ini kita akan membahas tentang Keyword Density atau Kepadan Kata Kunci.

Kepadatan kata kunci adalah indikator berapa kali kata kunci yang dipilih muncul di halaman web. Tetapi ingatlah, kata kunci tidak boleh terlalu sering digunakan, tetapi cukup memadai untuk muncul di tempat-tempat penting.

Jika Anda mengulangi kata kunci dengan kata lain di setiap baris, maka situs Anda mungkin akan ditolak sebagai situs tiruan atau situs spam.

Kepadatan kata kunci selalu dinyatakan sebagai persentase dari total konten kata pada halaman web yang diberikan.

Misalkan Anda memiliki 100 kata di halaman web Anda (tidak termasuk kode HMTL yang digunakan untuk menulis halaman web), dan Anda menggunakan kata kunci tertentu selama lima kali dalam konten. Kepadatan kata kunci pada halaman itu didapat dengan hanya membagi jumlah kata kunci, dengan jumlah kata yang muncul di halaman web Anda. Jadi ini dia 5 dibagi 100 = .05. Karena kepadatan kata kunci adalah persentase dari total jumlah kata pada halaman, kalikan yang di atas dengan 100, yaitu 0,05 x 100 = 5%

Baca Juga : Bagaimana Mesin Pencari Bekerja

Standar yang diterima untuk kepadatan kata kunci adalah antara 3% dan 5%, untuk dikenali oleh mesin pencari dan Anda tidak boleh melebihi itu.

Ingat, aturan ini berlaku untuk setiap halaman di situs Anda. Ini juga berlaku tidak hanya untuk satu kata kunci tetapi juga satu set kata kunci yang berhubungan dengan produk atau layanan yang berbeda. Kepadatan kata kunci harus selalu antara 3% dan 5%.

Langkah sederhana untuk memeriksa kepadatan:

  • Salin dan tempel konten dari halaman web individual ke dalam program perangkat lunak pengolah kata seperti Word atau Word Perfect.
  • Buka menu ‘Edit’ dan klik ‘Pilih Semua’. Sekarang buka menu ‘Alat’ dan pilih ‘Jumlah Kata’. Tuliskan jumlah kata dalam halaman.
  • Sekarang pilih fungsi ‘Temukan’ pada menu ‘Edit’. Buka tab ‘Ganti’ dan ketikkan kata kunci yang ingin Anda temukan. ‘Ganti’ kata itu dengan kata yang sama, jadi Anda tidak mengubah teks.
  • Ketika Anda menyelesaikan fungsi ganti, sistem akan memberikan jumlah kata yang Anda ganti. Itu menunjukkan berapa kali Anda menggunakan kata kunci di halaman itu.
  • Menggunakan jumlah kata total untuk halaman dan jumlah total kata kunci Anda sekarang dapat menghitung kepadatan kata kunci.

Hingga saat ini masih terjadi perdebatan mengenai efektifitas keyword density di dunia SEO Modern, semoga tulisan ini dapat menjadi penambah pengetahuan anda yang berminat dengan teknologi internet marketing, khususnya tentang SEO atau search engine optimization.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *